Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Promosi Produk Brand Indonesia

Hijup Store

https://www.hijup.com/id

Hijup adalah islamic fashion e-commerce pertama di dunia yang berdiri pada tahun 2011. Dengan konsep online mall, Hijup menyediakan berbagai macam produk terbaik desainer fashion muslim Indonesia. Produk yang disediakan antara lain modest fashion items seperti, pakaian, fashion, hijub, jilbab, kerudung, mukena, tas, sepatu, dan aksesori.

Sejak awal, Hijup memposisikan dirinya sebagai perantara antara para desainer dengan calon pembeli di seluruh dunia. Hijup berusaha membangun simbiosis mutualisme; para desainer dapat meningkatkan keuntungan secara lebih efisien, sedangkan calon pembeli dapat lebih mudah menemukan kebutuhannya. HIJUP secara konsisten mengusung misi untuk menampilkan brand lokal Indonesia ke kancah dunia.

Hijup berdiri pada tanggal 1 Agustus 2011, atas inisiatif Diajeng Lestari yang sebelumnya berprofesi sebagai pekerja kantoran. Awalnya Hijup hanya memiliki dua orang karyawan, seorang admin komputer dan seorang admin gudang, sedangkan untuk pengerjaan websites, Ajeng dibantu oleh tim IT perusahaan suaminya, CEO Bukalapak (Ahmad Zaky).

Pertemanan dengan beberapa desainer muslim yang tergabung dalam komunitas “Hijabers Community” membuka jalan Diajeng untuk menggaet tenant berkualitas di Hijup. Ajeng mengunjungi beragam pameran, menemui para desainer satu per satu guna mengajak mereka bergabung sebagai tenant. 14 tenant pertama dan masih bergabung sejak awal hingga kini adalah Ria Miranda, Shabilla, Casa Elana. Hijup resmi meluncur pada 1 Agustus 2011 yang ditandai oleh acara media conference di Hotel Sultan Jakarta. Berangkat dari kantor sederhana seluas 3×3 meter, dua orang karyawan, dan perlengkapan seadanya, Hijup mulai beroperasi. Ruangan ini digunakan sebagai ruang admin di saat weekday, dan berubah menjadi studio foto katalog saat weekend.

Dengan kekuatan Word of Mouth, tenant pun semakin bertambah hingga ratusan brand. Tak hanya di Indonesia, Hijup mendapat respons positif dari mancanegara seperti Brunei Darussalam, Singapura, Kanada, dan Inggris. Bahkan pada tahun pertamanya, Hijup menerima mahasiswa magang dari sebuah perguruan tinggi asal Prancis yang tertarik mendalami seluk-beluk Hijup.

Manfaat dan peran dalam hal promosi dan branding

Di sini kami ingin memindahkan experience offline ke online. Jadi, keunikannya adalah, kami membuat foto yang sangat detaildari foto produk. Kalau saya melihat di online-online yang lain, belum sedetail itu. Dari sini kami ingin menyajikan experience offline ke online, sehingga orang benar-benar bisa melihat detail produknya seperti apa. Kemudian, ada detail produknya, jadi diperlihatkan dari segi bahannya, pakai bahan apa, ukurannya seperti apa, panjang lengannya, lingkar pinggangnya, lingkar pinggulnya, dan lain lain. Orang tidak usah melihat barangnya secara langsung, tidak usah pegang, tapi bia merasakan itu lewat website.

Social media. Terus ada Youtube. Untuk Islamic Fashion, kami yang paling besar di dunia. Sekarang page views-nya sudah 8,9 juta hampir 9 juta per hari.  Dengan views sebanyak ini, akan menjadi salah satu channel promosi kami juga. Biasanya kalau ada tutorial, kami langsung publish, nanti orang jadi penasaran, apa sih HijUp.com ini? Kami punya blog juga.

HiJup memilih Instagram dan youtube sebagai salah satu media promosi mereka. Instagram dipilih, menurut Diajeng Lestari, founder HijUp karena media sosial dengan kekuatan foto tersebut lebih banyak digunakan oleh penyuka mode.  Tak sekedar bermain, timnya memiliki strategi khusus untuk memaksimalkan penggunaan Instagram. “Tak hanya menampilkan foto-foto pakaian yang dijual di HijUp.com, tapi apa yang kami posting di media sosial, terutama Instagram, haruslah menginspirasi,” tutur Diajeng.

Jadi, bukan soal media atau tren digital apa yang diadopsi, tapi bagaimana pebisnis memanfaatkannya menjadi lebih penting. Menyampaikan sesuatu yang lebih inspiratif, yang relevan dengan produk atau jasa yang mereka tawarkan, dapat menjadi cara menggunakan media sosial dengan lebih cerdas.

Untuk memaksimal promosi via Youtube, HijUp juga mengambil strategi yang out of the box. Tak melulu mempromosikan produknya, HijUp melakukan kampanye lewat video hijab tutorial e-commerce busana muslim. Diluncurkan sejak 4 tahun lalu, kini HijUp dengan merilis lebih dari 100 seri tutorial.

Hasilnya, video-video tersebut menjadi viral dan disebarkan secara sukarela bagi yang menyukainya. Ini kemudian mendongkrak penjualan produk HijUp, dan, tentu saja, membuat brand HijUp semakin dikenal.

Povilo

https://www.povilo.com/

Buat yang suka desain klasik dan elegan, brand tas Povilo dapat menjadi pilihan. Dengan harga yang relatif terjangkau, kamu bisa memilih berbagai model tas mulai dari hand bag, sling bag, dan tote bag untuk kapasitas yang lebih besar. Material yang digunakan Povilo juga terjamin kualitasnya.

Povilo memproduksi sendiri produk – produk mereka serta melakukan quality control yang sangat ketat terhadap setiap produk untuk mendapatkan hasil akhir yang maksimal.

Povilo juga memilih langsung dan melakukan tes yang ketat terhadap seluruh material yang kami gunakan baik itu bahan exterior, lining sampai dengan hardware dari seluruh produk mereka.

Banyak brand ternama menaikkan harga produk tas mereka hingga 500% dari modal. Ini dikarenakan banyaknya pihak yang terlibat dalam proses penjualan suatu produk. Dari pabrik menjual ke supplier, supplier menjual ke distributor, distributor menjual ke brand, dari brand ke retailer dan dari retailer baru ke customer.

Povilo mendesain, memproduksi dan menjual langsung produk mereka dari pabrik kepada customer tanpa perantara yang tidak penting sehingga harga produk mereka terjangkau untuk kelasnya.

Manfaat dan peran dalam hal promosi dan branding

Adapun media promosi yang dugunakan povilo ini diantaranya Instagram dan google (website). Adapun link website dan instagramnya dapat dikunjungi https://www.povilo.com/ adapun link instgram https://www.instagram.com/povilo.id/

Penggunaan media Instagram yang digunakan povilo sebagai promosi sangat memberikan manfaat untuk membangu dan menarik minat masyarakat, tentunya dengan mengupload konten gambar dan video terkait produk povilo ini. Instagram sangat mempermudah untuk para online shop khususnya povilo ini dengan fitur-fitur yang disediakan oleh instagram. Dalam insgramnya povilo, povilo mencantukan link website povilo juga terdapat customer yang sudah menentukan lilihannya dan mau melihat lebih detail lagi untuk produk povilo ini lalumantap untuk membelinya.

Pada website sudah disediakan fitur-fitur yang lebih detai jika customer ingin melihat produk mereka, disana juga tertera bagaimana cara melakukan pesanan konfirmasi pemesanan dan pengembalian barang. dan jika ingin bertanya melalui admin bisa hubungin via wa, line atau email yang tertera pada website

Eagle

http://eagle.co.id/

Untuk urusan sepatu olahraga, pria bisa percayakan dengan brand lokal sepatu Indonesia ini. Sudah sejak 1986, Eagle menghadirkan model sneakers yang cocok dikenakan untuk pria aktif dinamis. Sampai sekarang, Eagle dirasa paling pas untuk dipakai ketika sedang berolahraga mulai dari running, jogging, tenis sampai futsal. Kisaran harga dari sepatu sneakers Eagle sekitar Rp260 ribuan.

Media sosial yang diugunakan eagle sebagai media promosi diantaranya facebook, instagram, twitter youtube. Penggunaan keempat media sosial ini guna meningkatkan penjualn eagle untuk menarik para pelanggan agar membeli prouk yang dijual. serta membagikan informasi terbaru terkait produk-produk eagle yang baru.

Sumber Referensi

https://swa.co.id/youngster-inc/youngsterinc-startup/diajeng-lestari-hijup-com-e-commerce-fashion-muslim-yang-mendunia

https://id.wikipedia.org/wiki/Hijup

https://www.wanitawirausaha.com/article/cara-hijup-com-berpromosi-lewat-video

Tinggalkan komentar